Header Ads

Header ADS

Investasi Asing Diharapkan Tak cuma Keduk Harta Karun Semata


Maraknya investasi asing yang masuk ke Indonesia diharapkan mampu menciptakan transfer teknologi dan pengetahuan untuk pengembangan sumber daya manusia di dalam negeri. 

Jadi investasi yang masuk tidak hanya menggarap sumber daya alam dan memeras tenaga kerja dalam negeri.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus mengatakan harapan tersebut penting untuk dilakukan untuk penguatan sumber daya manusia Indonesia sendiri ke depannya. 

"Harapannya dengan adanya investor asing masuk, apalagi investor yang membawa teknologi, ada proses transfer teknologi, atau transfer kemampuan sumber daya manusia," ujar Heri dalam Market Review IDXChanel, Senin (1/8/2022). 

Menurutnya, pemerintah perlu memberi insentif yang menarik untuk para investor jika ingin terjadinya transfer knowledge. Dengan demikian, nantinya banyak juga perusahaan yang tertarik untuk memberikan pelatihan.

 "Saya rasa pemerintah perlu memberikan semacam stimulus kepada mereka ketika investor asing itu memberikan pengetahuan atau teknologi tanpa mengurangi keuntungan diperoleh oleh investor tersebut," lanjut Heri. 

Kebijakan semacam itu bisa dikemas dengan beragam yang secara fundamental ditujukan agar investor bukan hanya tertarik menggarap sumber daya alam Indonesia, namun juga tertarik mengembangkan sumber daya manusianya.

"Kebijakan semacam itu yang harus beragam dan bervariasi sehingga nanti secara natural ada proses transfer teknologi, dan ini yang menjadi agenda besar juga. Sehingga ke depannya kita bisa lebih maju dalam menciptakan suatu produk yang memiliki nilai tambah," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.