Header Ads

Header ADS

Ini Contoh Alat Musik Harmonis hingga Ritmis yang Siswa Perlu Tahu


Contoh alat musik harmonis sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara langsung maupun melalui tayangan di berbagai sosial media.

Sebelum membahas tentang contoh alat musik harmonis lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui pengelompokan musik ansambel terlebih dahulu. Musik ansambel merupakan permainan alat musik sederhana.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Inovasi Pembelajaran Musik untuk Anak Negeri Indonesia di SD yang disusun oleh Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, pengelompokan musik ansambel menurut fungsinya dibagi ke dalam tiga jenis, diantaranya adalah:

1. Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan harmoni pada sebuah lagu. Alat musik ini dapat mengeluarkan paduan nada sekaligus.

Ciri utama dari alat musik harmonis ini dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Pada umumnya alat musik tersebut tidak dapat memainkan kord secara sendirian

Contoh dari alat musik harmonis sendiri cukup beragam, ada alat musik harmonis modern dan alat musik harmonis tradisional. Pada alat musik harmonis tradisional terdapat sasando, kecapi serta rebab.

Sedangkan pada alat musik harmonis modern biasa dijumpai gitar, pianika dan keyboard. Cara memainkan gitar yaitu dengan dipetik, sedangkan untuk pianika dan keyboard yaitu menekan tuts tutsnya.

2. Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu, namun pada umumnya tidak dapat memainkan kord sendirian. Berarti, alat musik tersebut dapat menghasilkan nada atau notasi seperti do, re, mi, dst yang dapat melengkapi bunyi bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis.

Contoh dari alat musik melodis yaitu adalah angklung yang berasal dari sunda, Jawa Barat. Alat musik tersebut terbuat dari bambu dan cara memainkannya dengan digoyangkan.

Bunyi yang dihasilkan oleh angklung terjadi karena benturan badan pipa bambu, sehingga terdengar bunyi yang bergetar dalam susunan nada.

Selain angklung, ada juga seruling atau suling. Suling juga berasal dari Jawa Barat.

3. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada atau nadanya tidak tetap. Alat musik ritmis biasanya berguna sebagai alat musik pengiring.

Contoh dari alat musik ritmis yaitu ada kendang atau gendang yang merupakan instrumen dalam gamelan Jawa. Gendang berfungsi sebagai pengatur irama.

Selain itu ada alat musik tifa yang berasal dari Papua. Alat musik tifa hampir sama dengan gendang, mulai dari cara memainkannya dan bentuknya.

Cara memainkan alat musik tifa sendiri yaitu dengan berdiri dan dipukul layaknya gendang.

Nah itulah beberapa contoh alat musik harmonis serta jenis jenis musik lainnya yang termasuk ke dalam musik ansambel. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.