Header Ads

Header ADS

PT. Jhonlin Baratama Milik Haji Isam Gelar Sertifikasi POP (Pengawas Operasional Pertama) untuk tingkatkan Kompetensi Pengawas Tambang


Guna meningkatkan kompetensi pengawas tambang, PT. Jhonlin Baratama menggelar sertifikasi kompetensi Pengawas Operasional Pertama di Jhonlin Office Building selama 4 hari (20 -23 November 2023).

Sertifikasi POP yang digelar PT. Jhonlin Baratama  diikuti 15 orang karyawan dari Departemen Mining, Plant & Maintenance, Engineering, Fuel, HRD serta HSE. Untuk sertifikasi POP karyawan, PT. Jhonlin Baratama bekerjasama dengan PT Capital Nusantara Energi dan LSP Energi Mandiri dan difasilitasi oleh Departemen HRD dan  pendampingan oleh HSE PT Jhonlin Baratama.

Yuli Eka Sari Manager HR & GA PT. JB menjelaskan Salah satu komitmen PT JB yakni mendorong peningkatan atau pemenuhan kompetensi melalui pelatihan dan maupun sertifikasi. Sertifikasi kami lakukan untuk membantu para pengawas agar memenuhi standar kompetensi POP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Sertifikasi ini sangat penting karena memberikan bukti yang formal bahwa seorang pengawas memiliki kompetensi dalam bidangnya. Selain sebagai bukti taat terhadap regulasi Peraturan dan Perundangan Mineral Batubara, kegiatan sertifikasi ini sangat berguna bagi perusahaan dan organisasi yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pekerja tambang terhadap keselamatan dan kesehatan kerja di industri tambang sehingga menciptakan tenaga kerja yang kompeten, dimana sertifikasi ini menjamin bahwa seseorang yang diakui memiliki kompetensi yang dibutuhkan.” jelas Yuli

Ditambahkannya, “Semoga dengan sertifkasi ini semakin meningkat kualitas individunya yang pada akhirnya kualitasi PT. JB menjadi lebih baik dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersertifikasi.” harap Yuli

Salah satu peserta uji kompetensi, Husni Thamrin dari Quality Control Departemen Engineering mengatakan Begitu banyak pengetahuan baru yang kami terima terkait dengan pekerjaan dan insya allah semua ilmu yang sudah kami terima dari diklat ini akan sangat bermanfaat dan kami implementasikan dalam pekerjaan.

Kompetensi POP yang diuji yakni  Peraturan dan Perundangan Mineral Batubara, Tugas dan Tanggung Jawab Pengawas, Pertemuan Keselamatan Pertambangan, Penyelidikan Kecelakaan, Identifikasi Bahaya & Penilaian Resiko, Peraturan Perundangan Lingkungan, Inspeksi & Observasi san Analisa Keselamatan Kerja (Job Safety Analysis)

Target PT. Jhonlin Baratama seluruh pengawas di PT Jhonlin Baratama diakui sebagai Tenaga Kerja Kompeten secara nasional sesuai dengan peraturan yang ada. Seluruh pengawas memahami tugas dan tanggung jawab sebagai Pengawas Operasional Pertama  serta mampu menerapkan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari pelatihan dalam pekerjaannya.

Tahun 2023 PT Jhonlin Baratama telah melaksanakan Diklat Pembekalan dan Uji Kompetensi POP sebanyak 2 Batch. Batch 1 dilaksanakan pada bulan Maret 2023 diikuti oleh 20 Karyawan, Batch 2 dilaksanakan ada bulan November 2023 diikuti oleh 15 Karyawan. Total seluruh Karyawan yang sudah tersertifikasi kompetensi Pengawas Operasional Pertama adalah 117 karyawan dari seluruh projek PT Jhonlin Baratama.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.